Rabu, 18 April 2012

PEWARISAN (INHERITANCE) DAN POLIMORFISME

  • PEWARISAN(INHERITANCE)

Sebuah objek dideskripsikan melalui sebuah kelas. Semua perilaku dari sebuah objek, dapat diketahui dengan mengenali kelas dari objek yang bersangkutan. Jika kita tahu bahwa objek itu bisa kita makan, mengandung zat-zat pembentuknya, dengan sejumlah protein atau mineral,misalnya. Contoh lain, jika “X” adalah sebuah Telepon, maka kita bisa menduga pasti ada suatu cara yang ada pada objek X tersebut yang dapat kita gunakan untuk menelpon atau menerima telepon dari orang lain.
Sistem OOP memmungkinkan kita untuk mendefenisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
Subkelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya. Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kode-kode itu. Kelas abstrak dapat dibuat sebagai kelas super yang mendefenisikan perilaku umum, misalnya kelas makanan. Kelas makanan adalah suatu kelas abstrak, yang ,mendefenisikan sesuatu yang dapat dimakan. Kelas turunannya misalnya adalah kelas Dodol, kelas Rujak, kelas Nasi goreng, dan sebagainya. Kelas makanan tidak mempunyai bentuk, karena ia adalah kelas abstrak. Bentuknya menjadi jeals ketika kita membuat kelas turunan yang mewarisi dari kelas Makanan, misalnya Nasi Goreng.

Contoh Program :

















Output :










  • POLIMORFISME

Polimorfisme merupakan kemampuan objek-objek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama. Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan. Misalnya kita mempunyai kelas truk, yang memiliki method Jalan, dengan kelas TrukMini yang merupakan turunan dari kelas Truk, yang juga memiliki method Jalan. Sebuah objek yang bertipe TrukMini dan memanggil method Jalan, akan memanggil method Jalan yang terdapat pada kelas TurkMini, dan bukan method Jalan pada kelas Truk. Proses ini termasuk polimorfisme murni karena berkaitan dengan jenjang pewarisan, dan dinamakan method overriding. Polimorfisme yang lain juga dapat berlaku ketika sebuah kelas memiliki lebih dari sedikit lebih cepat dari java sebelumnya.

Contoh Program :


Output :


Nama    : Esra Febrina Siregar
Npm     : 52410444

Sumber :  http://student.eepis-its.edu/~sentul/Data%20Kuliah/oop%20pjj/pertemuan8.pdf ,
http://www.scribd.com/doc/31395466/Polimorfisme , Widiarta Wisnu.2007.Dari Pascal ke Java. Bandung.Informatika Bandung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar