Dalam pembahasa kali ini,saya akan mencoba menjelaskan perbedaan antara pemrograman terstruktur dan Berorientasi Objek. Maka dari itu saya akan memberika penjelasan singkat apa itu Pemrograman.
Pemrograman merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah ( algoritma) dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Pemrograman merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah ( algoritma) dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Di dalam pemrograman terdapat tipe pemrograman,dalam hal ini saya akan menjelaskan tipe pemrograman terstruktur dan berorientasi objek saja.
- Pemrograman Terstruktur (Structured Programming)
Ø Bahasa pemrograman terstruktur adalah bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai kumpulan prosedur. Prosedur-prosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam program dan dapat menggunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap pemanggilan.
Ø Prosedur adalah bagian dari program untuk melakukan operasi-operasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan parameter tertentu.
Ø Bahasa pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan kontrol program terstruktur.
Ø Kontrol program terstruktur (Tiga tipe Bahasa pemrograman terstruktur):
o Terurut(sequence) : setiap baris program akan dikerjakan secara urut dari atas ke bawah(setiap baris dikerjakan sekali atau tidak baris baris program yang tidak dikerjakan).
o Pilihan (selection/conditional)
o Pengulangan (repetition - loop)
Ø Prinsip pemrograman terstruktur:
ü Pendekatan rancangan dari atas ke bawah (top down design),
ü Bagi program ke dalam modul-modul logika yang sejenis,
ü Gunakan sub-program untuk proses sejenis yang sering digunakan,
ü Gunakan pengkodean terstruktur: (IF - THEN, DO-.. WHILE ),
ü Hindarkan penggunaan perintah GO TO bila tidak diperlukan,
ü Gunakan nama-nama bermakna (mnemonic names), dan
ü Buat dokumentasi yang akurat dan berarti.
Ø Contoh bahasa pemrograman terstruktur : Pascal. Cobol, RPG, AD
· Pemrograman Berorientasi Objek(OOP/Object-Oriented Programming)
Ø Object / Objek : Elemen yang memiliki fungsi, metode, karakteristik tertentu yang dapat dibedakan dalam dunia nyata.
Ø Class : Kumpulan Object-object yang memiliki kesamaan karakateristik.
Ø Merupakan bahasa pemrograman yang mampu memanfaatkan objek-objek yang tersedia atau membuat suatu objek tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman.
Ø Mampu merefleksikan kebutuhan-kebutuhan user sebagaimana lakyaknya yang ada di dunia nyata.
Ø Relative lebih fleksibel dan mudah diadaptasikan terhadap perubahan suatu program.
Ø Memiliki feature yang memperkuat dan meningkatkan flesibilitas suatu objek dengan diadanya class, instance, encapsulation, inheritance, reuseability, dan polymorphism.
Ø Karakteristik Bahasa Berorientasi Objek :
o Objek fisik: (Mobil dalam simulasi arus lalu lintas, Pesawat terbang dalam sistem pengontrolan lalu lintas udara).
o Elemen dari lingkungan: (Windows, Objek grafik(garis,lingkaran, polygon)).
o Penyimpanan data (array, stack, Link list, binary tree).
o Entitas orang (karyawan, mahasiswa, pelanggan, pasien).
Ø Contoh bahasa pemrograman beroriantasi object : C++ , SmallTalks , Java.
Nama : Esra Febrina Siregar
Kelas : 2IA13
NPM : 52410444
Tanggal pengepostan : 06 - April - 2012
Sumber : http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CCQQFjAA&url=http%3A%2F%2Ffarida_a.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F24563%2FPertemuan%2B02.doc&ei=P3J-T7D1IsasrAfalu3LBQ&usg=AFQjCNE15zXWPOoeEilh1MCUW_tJfCkG4w
Sumber : http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CCQQFjAA&url=http%3A%2F%2Ffarida_a.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F24563%2FPertemuan%2B02.doc&ei=P3J-T7D1IsasrAfalu3LBQ&usg=AFQjCNE15zXWPOoeEilh1MCUW_tJfCkG4w
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar