Selasa, 02 April 2013

GAME


Ø PENGERTIAN GAME

Dalam kamus bahasa Indonesia “Game” adalah permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. Permainan adalah kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian GAME menurut para ahli, sebagai berikut :

·         ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi.

·         JOHN C BECK & MITCHELL WADE
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi.

·         FAUZI A
Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita.

·         SAMUEL HENRY
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak.

·         ANDIK SUSILO
Game adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba.

·         JOHN NAISBITT
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.

·         WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya.

·         IVAN C. SIBERO
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.

Ø GAME ENGINE

Game engine (atau singkatnya disebut engine saja di sini) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan perangkat lunak lain, dalam hal ini, game. Kita bisa menyebutnya game authoring software, game creator tool, software pembuat game, dan sebagainya.

Contoh nya seperti :

·         Berbayar
1.           Torque Game Engine
2.           3DGameStudio
3.           TV3D SDK 6.5
4.           Leadwerks Engine 2
5.           Unity. Contoh game-nya : Tiger Woods PGA Tour Online.
6.           DX Studio
7.           NeoAxis Engine
8.           Visual3D.NET Game Engine
9.           Esenthel Engine

·         Gratis
1.       Panda 3D *)
2.       OGRE *)
3.       Esenthel for non­commercial
4.       Unity Free Edition
5.       G3D *)
6.       Genesis3D *)
7.       FPS Creator Free Edition
8.       DarkBASIC Pro Free Edition
9.       Cube 2 (Sauerbraten) *)
10.     Unreal Development Kit
11.     Platinum Arts Sandbox *)
12.     CAST II *)
13.     3D RAD Pro
14.     DX Studio
15.     Blender *)

Ø GAME ONLINE
Menurut saya Game online itu adalah game yang di mainkan secara online atau terhubung dengan internet . Teknologi game online berawal dari penemuan metode networking computer tahun 1970-an oleh militer Amerika. Pada game online ini pertama kali menggunakan jaringan LAN atau Local Area Network tetapi sesuai dengan perkembangan teknologi akhirnya game oline menggunakan jaringan yang lebih luas lagi seperti www atau world wide web atau yang lebih dikenal dengan internet yang bisa diakses dengan menggunakan nirkabel, untuk bisa memainkan game online terlebih dahulu kita harus menginstal program game tersebut, untuk memulai game online terlebih dahulu kita harus register atau mendaftar dan kita langsung dapat memainkannya.

·                 ·         Contoh game online adalah
Ragnarok Online, RF Online, Ayo Dance, Perfect World, Yugioh! Online.


Ø GAME OFFLINE
Game Offline, adalah game tanpa menggunakan jaringan internet sehingga game tersebut tidak dapat dimainkan secara bebas oleh siapapun.

·         Contoh game offline, yaitu :
a) Playstation
b) Sega
c) Nitendo, dll.


Ø PERBEDAAN GAME ONLINE DAN OFFLINE

Bedanya game online dengan game offline, dalam bermain game online kita tidak harus berpergian, kita hanya butuh duduk di depan computer dan bisa langsung menikmati permainan. Perbedaan besar lainnya adalah bahwa karena menghubungkan dengan internet secara global, pemain bisa memiliki kesempatan untuk bersaing dengan dan mendapatkan teman dari seluruh dunia.

SUMBER :
http://www.ummi.ac.id/ti/detail_jurnal.php?page=ZGV0YWlsX2p1cm5hbHBocA==&no=VGxFOVBRPT0=

http://darkx54.blogspot.com/2012/03/pengertian-game.html

http://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/04/12/pengertian-game-engine/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar